Adalah masa emas perkembangan dan pertumbuhan bagi seorang anak. Di usia
kelompok bermain, anak lebih suka bereksplorasi dan mencoba hal-hal yang baru.
Perkembangan kognitif anak cenderung berdasarkan pada pengalaman
langsung panca indera, sementara otaknya menyerap informasi di
sekelilingnya dengan cepat. Kami memahami pada masa ini anak membutuhkan
bimbingan tumbuh kembang yang sesuai dengan kemampuannya masing-masing.
KB (Kelompok Bermain) Syofia Islamic School diperuntukkan bagi anak usia 2 s.d. 4
tahun. Proses pendidikan di KB Syofia Islamic School adalah melalui bernyanyi dan permainan yang
menyenangkan, terarah, edukatif untuk menumbuh kembangkan kreativitas dan
potensi yang ada dalam diri anak. Untuk mengetahui perkembangan anak,
diadakan pertemuan orang tua dan guru sebanyak dua kali persemester.
Nilai-Nilai Yang Dibangun Dan Dikembangkan
- Jujur
- Menghargai
- Berani
- Simpati
- Rendah hati
- Kreatif
- Nasionalisme
Tujuan Pendidikan
Membantu mengembangkan berbagai kecerdasan yang dimiliki anak melalui aspek moral dan nilai-nilai agama, sosial-emosional, bahasa, kognitif, fisik, dan seni sehingga memiliki keterampilan yang dibutuhkan untuk tingkat pendidikan berikutnya (TK).
Profil Anak Usia 2-4 Tahun
- Senang menjelajah untuk mengetahui keadaan lingkungannya
- Banyak bertanya tentang segala hal
- Pemberani dan senang mencoba hal-hal baru
- Bermainnya masih soliter (adalah kegiatan bermain dimana anak bermain tanpa memperhatikan apa yang dilakukan oleh anak lain yang ada disekitarnya).
- Suka meniru pembicaraan dan tindakan orang lain
- Berkeinginan kuat untuk belajar berbicara sebagai sarana pokok dalam sosialisasi dan memperoleh kemandirian
- Gemar melakukan kegiatan berulang-ulang
- Lebih menunjukkan kreativitas dalam bermain dibandingkan dengan masa-masa lain dalam kehidupannya
- Mampu menerima khayalan dan suka bercerita tentang hal-hal yang fantastis
- Aktivitas kognitif didasarkan pada pengalaman langsung panca indera
- Sikap dan tingkah lakunya cenderung lebih mementingkan diri sendiri / egosentris – “aku”-nya sangat menonjol
- Suka memberi perintah di dalam rumah sebagai bentuk keinginan untuk memperoleh kebebasan.
Hasil Akhir Yang Diharapkan
- Anak mengenal dirinya dengan baik
- Anak memiliki perasaan kuat tentang keadaan positif yang dimilikinya
- Anak memiliki kepercayaan dan berperan terhadap lingkungannya
- Anak percaya diri dan terlibat dalam pembelajarannya
- Anak dapat menyampaikan perasaan dan pikiran dengan baik





