Kurikulum yang digunakan Syofia Islamic School adalah kurikulum nasional yang di tetapkan oleh Kemendikbud sebagai dasar penyelenggaraan program pendidikan serta penambahan pelajaran agama islam sebagai penyeimbang pelajaran.
- Bidang Pengembangan agama Islam, meliputi:
- Pengenalan dan pembiasaan membaca Al Quran atau Iqra Sebagai upaya untuk membiasakan anak mengenal bacaan Al Quran sejak dini dan bagi TK A atau TK B yang masih belum bisa membaca Al Quran kami akan mengenalkan dan mengajarkan Iqra terlebih dahulu. Untuk Kelompok Bermain, kegiatan mengaji dilaksanakan selama 30 menit setiap pertemuan di rancang dengan suasana bermain dengan menggunakan metode ”Mari Mengaji ” anak diajak mengenal huruf hijaiyah sebagai dasar mereka dalam belajar membaca Al Quran di jenjang Taman Kanak-kanak.
- Aqidah, yang di dalamnya mencakup:
- Pengucapan dua kalimat Syahadat.
- Pengenalan sifat - sifat Allah SWT dan Asmaul Husna( melalui ciptaan, lagu, dsb).
- Pengenalan keluarga dan sahabat Rasulullah Muhammad SAW.dll.
- Ibadah, meliputi:
- Pengenalan Rukun Islam.
- Pengenalan gerakan - gerakan Sholat dengan benar.
- Pengenalan gerakan Wudlu yang benar.
- Hafalan doa - doa harian.
- Hafalan surat - surat pendek.
- Pengenalan dan penggunaan kalimat Thoyyibah.dll.
- Akhlaq, meliputi:
- Mengenal tata tertib di rumah dan di sekolah.
- Mengenal tata cara bergaul dengan orang lain.
- Berlatih mengendalikan emosi.
- Mulai menunjukkan kemandirian.
- Mulai Memiliki kepedulian.
- Anak mampu menjaga keamanan dirinya sendiri.
- Mengenal rasa tanggung jawab.
- Berlatih berani dan menunjukkan rasa percaya diri.
- Mengenal dan membiasakan norma sopan santun.dll
-
Bidang Pengembangan Kemampuan Dasar.
Kemampuan dasar ini merupakan panduan dari 6 aspek yang terdiri dari:
- Mengenal diri sendiri mencakup sosial, emosional, dan kemandirian, dengan tujuan:
- Anak dapat belajar bersosialisasi dengan lingkungan sekitarnya,
- Berlatih untuk mengendalikan emosi.
- Mau mengucap maaf, tolong dan terima kasih.
- Berlatih melayani diri sendiri (meletakkan tas, sepatu, mainan pada tempatnya).
- Anak dapat membiasakan berakhlak atau berprilaku baik.dll
- Kemanpuan berbahasa, yang bertujuan untuk:
Melatih anak untuk dapat berkomunikasi dengan lingkungan sekitarnya
secara sederhana sesuai proses perkembangan anak yang dikembangkan
melalui:
- Dapat mendengarkan informasi lisan. (KB & TK)
- Dapat menggungkapkan keinginannya melalui ungkapan sederhana. (KB)
- Dapat mengenal simbol-simbol. (KB)
- Dapat menghasilkan coretan-coretan sederhana. (KB)
- Dapat bernyanyi (TK)
- Dapat menulis (TK)
- Dapat tanya-jawab (TK).dll
- Kognitif, bertujuan untuk:
Mengembangkan kemampuan bepikir anak untuk dapat memahami konsep
sederhana dan melakukan klasifikasi sederhana dalam kehidupan
sehari-hari, yang di dalamnya meliputi kemampuan:
- Mengenal bentuk.
- Pengenalan angka.
- Pengenalan angka 1-5.
- Pengenalan warna.
- Mengenal penambahan dan pengurangan.dll
- Fisik-motorik, bertujuan agar:
Anak memiliki Kemampuan melakukan koordinasi gerak, ketrampilan gerak
dasar sederhana untuk meningkatkan kelenturan, keseimbangan dan
kelincahan, serta meningkatkan kesehatan badan.
- Senam
- Melipat
- Melukis
- Menggunting.dll
- Seni & Sains
Diharapkan dari pembelajaran seni dan sains ini, anak mampu mengekspresikan diri , berimajinasi dan berkreasi dengan berbagai gagasan imajinasi dan menggunakan berbagai media dan bahan alam yang ada disekitarnya menjadi suatu karya seni dan berani melakukan percobaan sederhana dengan dibimbingi orang dewasa.
- Mengenal diri sendiri mencakup sosial, emosional, dan kemandirian, dengan tujuan:





